Wednesday 29 January 2020

Resume 2 Belajar menulis Bersama Om jay dan Pak Dedy Dwitagama





Sekarang tepat 19.04 waktu sini, pak Dedi Dwitagama membuka kelas belajar menulis sesi kedua. Beliau ternyata sudah lama mengajar matematika sejak 1988.
 Masyaallah, ternyata pak  Dwi atau nama panjangna Dedi Dwitagama. Bliau memiliki  rumah digital,, ciee rumah digital….alias blog. Blog bliau sangat banyak, tapi salah satunya  yaitu di http://dedidwitagama.wordspress.com

Setelah pak Dedy memperkenalkan diri, seorang peserta kemudian bertanya, 
“Gimana tips nya supaya tulisan buku saya menarik?”
           “ Tulisan yg menarik adalah tulisan yg dibuat dari hati, dg niat yg tulus ... sering" baca tulisan org lain yg menarik bisa jadi pemicu Sir ... selamat mencoba.."
Nih, ada kata kata beliau yang cukup memotivasi, “ Kalo mau dikomentari orang, sering sering nulis, kunjungi blog orang dan sering" komentar blog org lain ... Ada etika dalam dunia blogger, kita harus komentari balik orang yg berkomentar di blog kita ... sama saja dg dunia nyata sih sebenarnya”

Kemudian, ada seorang peserta lainnya yang menyanyakan,
“ Bpk, cara posting foto bersama tulisanx sya agak ribet?”
:Klik write pada sudut kanan atas note book, kalo HP klik tanda +  dibagian bawah tengah, masukkan foto dg klik + dekat ADD, ambil dari memory fotonya, stelah diunggah ... tambah fotonya, publish deh"
"saat ide tak ada, tapi mau posting ... gimana caranya? " 
"Saya posting lagu yg sedang sy nyanyikan, ini contohnya https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/01/17/nyanyi-haters-nya-kotak-kuuuy/

Ada yang beliau sampaiakan, dan menginpirasi sekaligus memotivasi saya, “Saat kehabisan ide, menjelang pulang sekolah saya jumpai murid yg berlatih tari, saya dokumentasikan dan jadi bahan posting, see https://dedidwitagama.wordpress.com/2019/12/13/pendidikan-karakter-kerja-keras-kerja-sama-berprestasi-orientasi-masa-depan-dan-mencintai-budaya-di-smkn-50-jakarta/

"Apakah pak Dedi punya blog semuanya Gratis?"
"Blog sy gratisan smua, kalo ada yg gratis knapa hrs bayar ... mending uangnya buat skolahin anak yatim"

Banyak sekali obrolan yang mengalir manis di wall kami, yang intinya bahwa blog gratis lebih awet dibansingkan blog berbayar

Kesimpulan sessi ini adalah: menulis di blog itu proses pembiasaan, mendokumentasikan apa saja bisa jadi cara meninggalkan jejak ... "KABARKAN KEBAIKAN WALAU SATU POSTING", bisa cuma dengan satu foto dan satu kata, yg penting ikhlas, maka bisa jadi sesuatu dan membuka peluang buat banyak hal" yg tak terduga, selamat menulis .... c u soon di dunia nyata

Ada blog milik pak Rehard yang dishare oleh pak Dedy, dalam postingan pak Rehard itu cukup menginspirasi dan memotivasi saya untuk tetap menulis ,


Mengenai menulis setiap hari, sebetulnya tidak susah secara teknis tetapi susah dilakukan. Ini masalah keteguhan diri saja. Masalah kemauan saja. Saya sudah pernah melakukannya.
Pada awal-awal blog ini dibuat, saya memaksakan diri untuk menulis setiap hari. Betul. Saya tantang diri saya sendiri untuk melakukannya. Mantra yang saya pakai adalah “kuantitas lebih penting daripada kualitas”. Yang penting menulis tiap hari. Dahulu saya dapat melakukan hal tersebut. Sekarang terlalu banyak alasan yang saya gunakan untuk tidak melakukannya. Alasan yang paling klasik, ya sibuk. (Padahal sibuk sungguhan.)”

Okey, Guys, see you on the next session




No comments:

Post a Comment

Pertemuan ke-12 Menulis , Mendesain Covernya, Cari Penerbit Kemudian Menjualnya Sendiri

Menulis, Mendesain Covernya, Cari Penerbit Kemudian Menjualnya Sendiri  Pertemuan ke-12 Asslmkum teman2 semua, kali i...