Monday 27 January 2020

Belajar Menulis ( Om Jay’s Online Class)


Belajar Menulis ( Om Jay’s Online Class)



Kebiasaanku, ketika ada waktu luang, kubuka chat dari beberaoa grup wa ku. Kubuka grup satu-satu yng masih bertanda hijau dan kemudian ku-scroll satu-satu…Masyaallah! Ternyata om jay , guru bloger Indonesia,sdg memimpin kelas menulis online dan sudah berlangsung selama 6 hari.. Telat!, pikirku. Aku coba japri beliau menanyakan apakah masih ada kelas menulis di gelombang berikutnya, dan beliau mengiyakan. Barakallah, ternyata aku dimasukkan ke grup tersebut dan ternyata juga grup beliau belum dimulai karena akan membuat kelas besar dengan kuota 256 org , subhanallah.  

Sambal menunggu kuota terpenuhi, Om Jay memposting beberapa video salam, perkenalan , pesan dan pengantar .
Begini kira-kira pengantar beliau,

Selama 8 hari ini saya belajar menulis melalui WA Group. Aplikasi WhatsApp yang bisa juga dibuka di https://web.whatsapp.com/  lewat komputer ternyata cukup manjur juga untuk digunakan belajar menulis bersama.

Salah seorang dari kami bergantian menjadi nara sumbernya, dan kami berbagi ilmu dan pengalaman masing-masing. Kami percaya bahwa di atas langit ada langit. Jadi kita sama sama merendahkan diri untuk belajar. Duduk sama rendah berdiri sama tinggi...."

Pelatihan menulis ini yang dipimpin om jay ini GRATIS dan diikuti 256 orang peserta. Bila ada yang mundur, maka secara otomatis akan ada orang baru yang menggantikannya  sehingga jumlahnya selalu full atau penuh sesuai kapasitas WA Group. Terkadang ada beberapa hari sampai 257 orang karena lewat jaringan link tautan. Mereka yang fokus dan mau belajar pasti akan bertahan dan mengamalkan ilmunya sehingga dapat menulis dan menerbitkan buku.

Di kelas online ini ada beberapa trainer dan motivator serta guru berprestasi yang diminta oleh Om Jay  untuk menjadi nara sumbernya, yaitu:

1. Bapak Agus Sampurno
2. Bapak Dedi Dwitagama
3. Bapak Dudung Nurulah Koswara
4. Bapak Taufik Hidayat
5. Bapak Namin AB Solihin
6. Ibu Sri Sugiastuti
7. Bapak Lukman Hakim
8. Ibu Emi Sudarwati
9. Ibu Lilis Ika Herpianti Sutikno
10. Ibu Betti Risnalenni
11. Bapak Edi S Mulyanta
12. Bapak Encon Rahman
13. Ibu Amiroh Adnan
14. Ibu Sri Melni
15. Bapak Asep Suparman
16. Bapak Ramdhan Hamdani

Teman-teman, ternyata ada 16 pertemuan di dalam pelatihan ini dan setiap pertemuan berlangsung selama dua jam dari pukul 19.00-21.00 WIB, tiap 2 hari sekali. Saat selesai pelatihan nanti , setiap peserta akan mendapatkan sertifikat 32 jam pelatihan dengan syarat sudah mengumpulkan resume atau ringkasan materi yang diberikan selama 16 kali pertemuan, Selain itu, para  peserta sudah punya blog pribadi di blogger.comwordpress.com atau blog keroyokan di kompasiana.com dan gurusiana.com, sehingga materi yang diberikan dapat dibaca oleh banyak orang.

Barakallah, ada hadiah kejutan buat para peserta yang rajin dan inspiratif dalam menulis. Komunitas Sejuta Guru Ngeblog atau KSGN sudah menyiapkannya dengan baik. Om Jay sebagai founder dan pak Namin sebagai sekjen sudah membuat disain sertifikat buat para peserta pelatihan
Semoga pelatihan menulis lewat WA Group dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Sehingga ketika ditanya bisakah belajar menulis lewat WA Group? Maka Jawabnya pasti bisa karena kita sudah langsung mempraktikkanya.


Begitulah pengantar yang diberikan Om Jay. Aku belum mengikuti materi, sudah tersulut motivasi untuk ikut kelasnya.. semangat.. semangat…

Tanpa menunggu lama, tanggal 24 Januari 2020 kelas dimulai…..
Hari Jumat 24 Januari 2020, tepat pukul 19.15 sang moderator, om Jay tentunya,  mengenalkan pemateri pertama yaitu pak Agus Sampurno, beliau adalah pengelola blog http://gurukreatif.wordpress.com



Yuk kita ikuti kelas menulis bersama narasumber pak Agus Sampurno di blog berikutnya ya…!

No comments:

Post a Comment

Pertemuan ke-12 Menulis , Mendesain Covernya, Cari Penerbit Kemudian Menjualnya Sendiri

Menulis, Mendesain Covernya, Cari Penerbit Kemudian Menjualnya Sendiri  Pertemuan ke-12 Asslmkum teman2 semua, kali i...