Wednesday 19 February 2020

Pertemuan ke-5
Pingin punya personal Branding,…?  Ya..Ngeblog

Sabtu malam minggu,, rugi jika di rumah ga ngapa-ngapain,, hayuuuk kita ikut kelas menulis sesi ke-5 , melatih tangan dan pikiran kita mengalir lancer..
Judu materi nya adalah Membangun Personal Melalui Blog

Pertemuan ini dimulai dengan perkenalan bliau yang cukup Panjang, lhaa aktivitas be;aiu yang cukup Panjang juga, itu sebabnya.

“Perkenalkan teman-teman Nama saya Namin AB Ibnu Solihin founder motivatorpendidikan.com, untuk mengenal lebih dekat dengan saya teman-teman bisa searching nama saya di Google. Atau bisa buka link berikut ini https://motivatorpendidikan.com/index.php/2015/08/29/profil-namin-ab-ibnu-solihin/

Saya juga telah membagikan secara Gratis lebih dari 250 materi training di slideshare.net, Dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di download sekitar 7 Ribu kali setiap tahunnya. Linknya sebagai berikut https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak

Kita bisa berteman melalui media sosial yang saya miliki Instagram @motivatorpendidikancom, saya juga membagikan kegiatan saya di Channel YouTube Motivator Pendidikan Com.

Baiklah teman-teman saya akan berbagi bagaimana saya membangun Branding melalui Blog.

Saya mulai Ngeblog tahun 2007, melalui blogspot.com, saat itu saya ngeblog untuk mengisi waktu luang saat istirahat mengajar. Tulisan di Blog juga masih sangat beragam, bahkan lebih banyak curahatan hati.

Lebih dari 10 blog pernah saya buat di blogspot.com, kini semua blog tersebut sudah saya hapus semua.

Hingga akhirnya disekitar tahun 2013  saya mengenal guraru.org, sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif, diantara para pemenangnya adalah yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu Pak.Agus Sampurno dengan Brandnya Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi Dwitagama.

Keinginan untuk menulis lebih baik lagi, akhirnya ditahun 2013 saya mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman.

Pada tahun 2014 saya dan Om Jay bersama teman-teman menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, pada tahun 2014-2015 kami Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek.

Tahun 2014 juga awal saya mulai membangun Branding lewat blog. Perjalanan saya membangun Branding bisa dibaca di profil saya pada link di atas.

Singkatnya akhirnya pada tahun 2015 saya melaunching www.motivatorpendidikan.com, seluruh konten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang saya isi.

Sebelum website tersebut di launching, saya banyak mencurahkan gagasan saya tentang pendidikan di Blog https://motivatorkreatif.wordpress.com

Membangun Branding memang tidak mudah, tapi jika kita sungguh-sungguh Insya Allah ada kemudahan.

Membangun Branding juga harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Jangan coba-coba membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya.

Membangun Branding melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan segala aktivitas yang kita lakukan.

Menulis konten Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kala mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

Hingga akhirnya ketika orang berbicara "Motivator Pendidikan" mereka, Akhirnya akan mengingat "Namin AB Ibnu Solihin". Ini contoh saja 😊

Tapi jika ada penasaran coba anda searching di Google beberapa kata berikut ini "Motivator Pendidikan" "Pembicara Seminar Parenting" "Motivator Pelajar". Anda akan bertemu dengan siapa kira-kira?

Menulis dan membangun Branding telah mengantarkan saya keliling Indonesia, saya telah mengisi training setidaknya dilebih dari 300 lembaga, sejak tahun 2014-sekarang.

Lengkapnya materi membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial saya bagikan lewat link di bawah ini.

Demikian pengantar diskusi malam ini.Semoga bermanfaat dan tetaplah bersemangat untuk menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.
Jika kita seorang  guru,  maka personal Branding seperti apa yang dapat ditampilkan? Maka, cara guru membangun personal Branding  adalah
1. Lihat skill atau passion apa yang paling menonjol dalam diri kita
2. jika kita yakin bahwa kita punya passion di bidang tersebut, bagaimana supaya orang mengenalnya
3. buatlah program Gratis, untuk sharing tentang skill yang kita miliki kepada orang lain
4. Lalu jika ingin dikenal lebih luas, mulailah menulis di Blog dan medsos, pada bidang tersebut.
5. Contoh Bu Mey, passionnya bidang "Puisi". Maka bisa membranding diri dengan Meynia @founder Puisi Cinta
6. Buat blog atau website/ medsos puisicinta.com
7. Konsisten Menulis tentang puisi cinta di medsos dan blog

Dan kita  harus mendahulukan personal branding diri sendiri dari pada lembaga tempat kita mengajar karena  dengan sendirinya jika kita sudah dikenal orang,maka orang akan tanya dia guru dari sekolah mana? Maka sekolahpun namanya akan menjadi harum😊Seiring kualitas dan personal Branding yang kita miliki. jika demilkian, kita sangat disarankan menulis brand yg sama/ konsisten , baik di FB, IG, website maupun di Blog. Saran saya mulai sekarang fokus mengembangkan pada satu bidang yang benar-benar bapak sukai dan ahlinya 😊
mungkin spesialisasi atau  keahlian/ penelitian kita bisa menjadi branding ya.. Bisa Bu Rahma, asal fokus pada penelitian tertentu yang benar-benar ibu kuasai 😊


Saya sendiri sempat bertanya, bicara mengenai website, agar kita punya branding, maka disarankan untuk membeli domain, atau cukup blog saja? Mulai dari Blog saja dulu Bu, itupun yang saya lakukan.. Jika kita sudah mulai konsisten Menulis maka bisa membeli domain dan hosting 😊

Sebelum membangun branding, sy blm mampu menemukan passion sy. Ada tips mengenali passion pak?
1. Passion itu aktivitas yang selalu membuat kita paling semangat untuk melakukan dan membicarakannya
2. Kita mau melakukannya walaupun gak dibayar
3.Kalau disuruh berhenti susah untuk berhentinya

Pengalaman saya membangun Branding, kira-kira proses begini :
1. Belajar selama kurang lebih 10 tahun pada bidang yang benar-benar saya sukai
2. Saya menuliskan apa yang saya praktekkan dalam mengajar di Blog
3.dari tulisan-tulisan tersebut kemudian orang mulai mengenal saya 😊

Kalau masih baru belajar begini pak ...kira kira branding yg tepat  apa kira kira ya..mohon arahan pak.? Saran saya mulai sekarang fokus mengembangkan pada satu bidang yang benar-benar bapak sukai dan ahlinya


Sering-seringlah Blog Walking, Belajar dari Blog orang lain.

Lama-kelamaan kita akan bertemu pada passion kita

Pak narsum menceritakan pengalaman beliau, “Saya pernah menulis artikel - 10 cara menjadi pelajar berprestasi. Empat tahun kemudian saya diminta TVRI untuk mengisi acara.Jadi menulis saja,. Nanti lama-kelamaan orang akan mengenal kita 😊 https://motivatorpendidikan.com/index.php/2016/06/02/menjadi-narasumber-dalam-acara-buah-hatiku-sayang-tvri/

Biar konsisten menulis di blog, kiatnya apa pak? 
Saya punya prinsip

  • Jika saya tidak menulis, Saya tidak dikenal orang dan tidak memberi manfaat 😊


  • Jika   mau  fokus membangun Branding, buat saja blog baru.


Saya dan om jay juga penasaran,  Kemajuan apa yg pak Namin dapatkan setelah punya domain dan hosting sendiri?  Apakah personal branding nya langsung naik?”
Alhamdulillah, Satu tahun saya Launching www.motivatorpendidikan.com.Saya bisa ngisi training dalam setahun bisa 70 kali.

Waktu pakai blog,
Sekitar 50 kali ngisi training dalam setahun😊


Saatnya ditutup, karena jam sudah menunjukkan pukul 21.30.
Saran saya, mulai sekarang Menulis saja, tidak usah berfikir dulu ingin dikenal dan dapat uang.Karena jika kita sudah menulis dan orang merasakan manfaatnya, maka dengan sendirinya kita akan dikenal oleh orang. Dari sinilah Insya Allah, Allah akan memberikan kemudahan rezeki pada diri kita. Selamat istirahat dan menikmati kebersamaan bersama keluarga tercinta 😊.Lebih lanjut kita bisa berkomunikasi lewat media sosial😊Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan 😊

No comments:

Post a Comment

Pertemuan ke-12 Menulis , Mendesain Covernya, Cari Penerbit Kemudian Menjualnya Sendiri

Menulis, Mendesain Covernya, Cari Penerbit Kemudian Menjualnya Sendiri  Pertemuan ke-12 Asslmkum teman2 semua, kali i...